American Accounting Association mendefinisikan akuntansi sebagai :
"...proses mengidentifikasikan, mengukur, dan melaporkan informasi ekonomi, untuk memungkinkan adanya penilaian dan keputusan yang jelas dan tegas bagi mereka yang menggunakan informasi tersebut..."
Definisi ini mengandung dua pengertian, yakni :
1. Kegiatan Akuntansi
Bahwa akuntansi merupakan proses yang terdiri dari identifikasi, pengukuran dan pelaporan informasi
ekonomi.
2. Kegunaan Akuntansi
Bahwa informasi ekonomi yang dihasilkan oleh akuntansi diharapkan berguna dalam penilaian dan
pengambilan keputusan mengenai kesatuan usaha yang bersangkutan.
Tujuan utama Akuntansi adalah Menyajikan Informasi Ekonomi.
Pemakai Informasi Akuntansi
Akuntansi menyediakan cara untuk mengumpulkan data ekonomis dan melaporkannya kepada bermacam-macam individu dan pihak-pihak yang berkepentingan. Pemilik dan calon Pemilik Perusahaan perlu mengetahui bagaimana keadaan keuangan perusahaan dan prospeknya di masa depan. Bagi pemilik, informasi itu dapat digunakan untuk memutuskan apakah ia harus mempertahankan kepemilikannya di perusahaan itu , atau menjualnya dan kemudian menanamkan modalnya di perusahaan tersebut.
Pihak yang tergantung dan paling banyak berhubungan dengan hasil akhir akuntansi adalah mereka yang diberi tanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan perusahaan. Jenis informasi yang dibutuhkan perusahaan berbeda-beda sesuai dengan besarnya perusahaan. Semakin besar perusahaan akan membutuhkan lebih banyak informasi akuntansi yang dibutuhkan.
Sumber : Soemarso, " Akuntansi Sebuah Pengantar ", Buku 1 Edisi 5, Salemba Empat : 2004
Tujuan utama Akuntansi adalah Menyajikan Informasi Ekonomi.
Pemakai Informasi Akuntansi
Akuntansi menyediakan cara untuk mengumpulkan data ekonomis dan melaporkannya kepada bermacam-macam individu dan pihak-pihak yang berkepentingan. Pemilik dan calon Pemilik Perusahaan perlu mengetahui bagaimana keadaan keuangan perusahaan dan prospeknya di masa depan. Bagi pemilik, informasi itu dapat digunakan untuk memutuskan apakah ia harus mempertahankan kepemilikannya di perusahaan itu , atau menjualnya dan kemudian menanamkan modalnya di perusahaan tersebut.
Pihak yang tergantung dan paling banyak berhubungan dengan hasil akhir akuntansi adalah mereka yang diberi tanggung jawab untuk melaksanakan kegiatan perusahaan. Jenis informasi yang dibutuhkan perusahaan berbeda-beda sesuai dengan besarnya perusahaan. Semakin besar perusahaan akan membutuhkan lebih banyak informasi akuntansi yang dibutuhkan.
Sumber : Soemarso, " Akuntansi Sebuah Pengantar ", Buku 1 Edisi 5, Salemba Empat : 2004
Tidak ada komentar:
Posting Komentar